Home » , , , , » 8 Kuliner Sedap Ini Bisa Kamu Nikmati Ketika Kamu Ada Di Medan Loh

8 Kuliner Sedap Ini Bisa Kamu Nikmati Ketika Kamu Ada Di Medan Loh

Written By Admin on Saturday, March 25, 2017 | 1:50 PM

8 Kuliner Sedap Ini Bisa Kamu Nikmati Ketika Kamu Ada Di Medan Loh
Menu Dunia - Hampir semua makanan dari seluruh penjuru Indonesia mendapat tempat di sudut-sudut kota terbesar ketiga di Indonesia ini. Makanan Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Bali, atau propinsi-propinsi tetangga di Sumatera, semua bisa kamu temukan di Medan. Menurut salah satu food blogger, Medan ibarat kiblat kuliner Indonesia. Jika rusak rasa makanan di Medan, maka rusaklah rasa makanan Indonesia. So, kuliner apa saja yang harus dicoba di Medan? Ini rekomendasinya :

1. Lontong Sayur Medan

8 Kuliner Sedap Ini Bisa Kamu Nikmati Ketika Kamu Ada Di Medan Loh

Lontong memang makanan yang umum ditemukan di Indonesia. Tapi cuma di Medan masakan lontong menggunakan berbagai campuran. Menu sarapan pagi orang Medan ini terdiri dari campuran lontong, sambal teri kacang, tauco, mie, bumbu kacang, kuah sayur, dan tak lupa kerupuk merah putih. Ada juga yang menambahkan telur dan perkedel.

Jika ingin mencicipi Lontong Sayur Medan, kamu bisa mampir ke warung Lontong Kak Lin di Jalan Teuku Cik Ditiro di depan SMA Negeri 1 Medan. Warung ini menyajikan Lontong dan Nasi Gurih yang nikmat. Pilihan menu-nya pun beragam, diantaranya ada rendang, telur, ayam dan masih banyak lagi.

2. Mie Gomak

8 Kuliner Sedap Ini Bisa Kamu Nikmati Ketika Kamu Ada Di Medan Loh

Kuliner nikmat satu ini wajib kamu cicipi saat di Medan. Inilah spaghetti dari tanah Batak. Mie ini merupakan makanan khas Tapanuli dan Sibolga. Ada dua jenis Mie Gomak, yaitu bumbu kacang, goreng dan rebus. Mie Gomak Bumbu Kacang adalah mie yang sudah direbus dituangi bumbu kacang, lalu ditaburi kerupuk dan bawang goreng. Mie Gomak kuah hadir dengan kuah santan, bumbu bawang merah, bawang putih, cabai merah, lengkuas, sereh, jahe, kemiri, kunyit, kelapa gongseng, dan andaliman. Setelah itu ditaburi bawang goreng, kerupuk dan irisan kol, dan kadang ditambah bakso, sosis, ayam, atau sayur sawi.

Dimakan panas-panas, rasa pedas dan asamnya sungguh menyegarkan. Ada juga yang menyajikan Mie Gomak Rebus dengan dua kuah; putih dan merah. Makin banyak kamu menambahkan kuah merah kedalam mie-nya, makin nendang rasanya. Mie Gomak x Mantapnya rasa Mie Gomak berasal dari bumbu khas Batak, andaliman. Bentuknya seperti lada mungil kehijauan yang rasanya pedas, asam, dan menggigit; benar-benar menambah kenikmatan pada Mie Gomak. Nah, jangan hanya menelan air liur, jelajahi saja Kota Medan untuk menemukan Mie Gomak paling enak!

3. Daun Ubi Tumbuk

8 Kuliner Sedap Ini Bisa Kamu Nikmati Ketika Kamu Ada Di Medan Loh

Inilah sayur kegemaran orang Batak yang bisa kamu temukan di warung-warung makan Mandailing di Medan. Sayuran bercitarasa gurih ini biasanya dimakan bersama nasi, sambal terasi dan Gulai Ikan Lele Asap. Keunikan rasanya dihasilkan oleh buah cempoka atau rimbang dan kincong yang hanya ada di Sumatera. Penasaran? Bisa datang ke Rumah Makan Sipirok di Jalan Raya Sunggal No.14 Kota Medan. Disini juga ada Sop Sum-Sum, Gulai Ikan Sale, Gulai Kepala Ikan Mas dan masih banyak lagi.

4.Sate Padang Medan

8 Kuliner Sedap Ini Bisa Kamu Nikmati Ketika Kamu Ada Di Medan Loh

Ada guyonan yang bilang, kenapa sate di Padang sudah ‘nggak ada yang enak? Jawabanya, karena semua yang enak sudah pindah ke Medan! Rasa Sate Padang di Medan memang berbeda dengan yang ada di Padang. Rasa bumbunya lebih pedas dengan ketupat yang agak kenyal. Selain itu, pilihan dagingnya juga beragam. Ada daging sapi, daging kambing, kerang, usus sapi, Jeroan dan batang lidah. Rasanya tentu beda-beda.

Walaupun Sate Padang bisa ditemukan di berbagai tempat di Medan, ada dua tempat yang rasa satenya paling mantap; Sate Padang Al Fresco di Komplek Pertokoan Berastagi, Jalan Gatot Subroto dan Sate Padang Jo Andah Jalan Setiabudi No.229 C, Medan Selayang, Kota Medan.

5. Mie Aceh Medan

8 Kuliner Sedap Ini Bisa Kamu Nikmati Ketika Kamu Ada Di Medan Loh

Nah, ini satu lagi kuliner yang “bermigrasi” ke Medan; Mie Aceh! Bumbu yang kaya rempah-rempah membuat citarasa mie ini berbeda. Baik Mie Aceh Rebus, atau Mie Aceh Goreng, sama sedapnya. Salah satu gerai Mie Aceh yang paling recommended adalah Mie Aceh Titi Bobrok.

Tempat ini menyajikan menu utama Mie, Nasi Goreng dan Martabak Telur. Pilihannya Mie Aceh-nya beragam, mulai dari Mie Aceh Daging, Mie Aceh Kepiting, Mie Aceh Udang dan Lain-Lain. Beralamat di Jl. Setia Budi No.17 C, Kota Medan. Tempatnya bersebalahan dengan Sop Sum-Sum Langsa dan dekat dengan Rumah Makan Sipirok.

6. Es Krim Tip-Top

8 Kuliner Sedap Ini Bisa Kamu Nikmati Ketika Kamu Ada Di Medan Loh

Nah, ini dia tempat makan es krim paling legendaris di Kota Medan. Restoran yang sudah berdiri sejak tahun 1934 ini memang menyimpan resep es krim enak yang diwariskan turun temurun. Nuansa restoran yang klasik akan membawa kamu hanyut dalam nostalgia jaman dulu. Es krim jadul zaman kolonial-pun bisa kamu cicipi disini. Sederet nama es krim dari Bahasa Inggris dan Belanda hadir di daftar menu.

Sebut saja dari yang standar seperti Vanilla dan Tutti Frutti, hingga yang “unik” Ystaart, Moorkop dan Donauwellen Ice. Selain es krim, Tip-Top juga dikenal karena kelezatan kue-kuenya. Penasaran? Silakan melipir ke Restoran Tip Top di Jl. KL. Yos Sudarso No.92 A-B atau daerah Kesawan, dekat dengan objek wisata rumah Tjong A Fie.

7. Durian Ucok


Ke Medan tanpa mampir ke gerai durian Ucok? Wah kamu bakalan nyesel. Durian Medan yang terkenal enak, legit, manis dan berdaging tebal bisa kamu nikmati sepuasnya di gerai Ucok ini. Durian Medan selalu ada disini dalam jumlah berlimpah, tanpa bergantung musim. Asyiknya, jika durian yang kamu pesan busuk atau kurang enak, maka akan diganti tanpa tambahan biaya. So, jangan lupa mampir ke gerai Ucok di Jalan Iskandar Muda.

8. Kerang Rebus


Malam-malam di Kota Medan, enaknya makan apa? Kerang Rebus khas Tanjung Balai jawabannya. Kerang rebusnya empuk, lalu dimakan dengan saus yang terdiri dari nanas parut, bawang putih, kacang tanah sangrai yang digiling, saos sambal dan cabai hijau yang sudah dihaluskan. Cara makannya, saus diaduk hingga tercampur rata, kerang dibuka, dagingnya ditusuk garpu, lalu dicocol sausnya. Begitu saja, tapi rasanya nikmat sampai membuat kamu ingin lagi dan lagi. 

Citarsanya yang kenyal, gurih, manis, pedas, dan segar memang ngangenin. Jenis kerang yang digunakan adalah kerang batu, kerang hijau, kepah, atau kerang bulu. Tempat makan kerang rebus yang recommended adalah Warung Murni di Jalan Sisingamangaraja, Simpang Limun, dan Warung Kerang Rebus Abadi di Jalan H.M. Yamin. kerang medan x Perut keroncongan? Yuk cari tanggal yang pas untuk segera terbang ke Kuala Namu!
(Menu Dunia)